Tuesday, May 15, 2007

SAP Java Conector or SAP NET Connector

SAP sebenarnya menyediakan khusus koneksi2 utk berkomunikasi dgn Java dan Net, misalnya SAP Java Connector atau SAP NET Connector. Dan diluar itu sebenarnya tdk disediakan, tetapi API yg ada dpt di gunakan utk koneksi ke bahasa pemograman lainnya seperti PHP, Ruby, Phyton, VB/ASP,dll. Koneksi yg dilakukan dengan menggunakan SAP Remote Function Call (SAPRFC) yg berfungsi sbg client untuk memanggil SAP Function misalnya dengan PHP Command.

SAPRFC

Ketika saya mendapat pekerjaan utk membuat semacam aplikasi kecil yg dpt terintegrasi ke SAP utk proses Sales Order, saya memilih PHP utk mengembangkannya . Terima kasih kepada Eduard Koucky ( http://saprfc.sourceforge.net )yg telah mengembangkan extension modul PHP-SAP dgn SAPRFC. Instalasi dan pemakaiannya mudah menurut saya sebagai newbie di PHP. Contoh2 yg disediakan juga sangat membantu utk meng-generate kode2 yg kita butuhkan. Class ini dapat bekerja di PHP4 & 5.
Instalasi Windows

- Pastikan PHP sdh berjalan baik di IIS atau Apache.

- Instal SAP GUI / SAP Client software (SAP GUI 6.20)
- Download API & class dr http://saprfc.sourceforge.net . Lalu extract dgn buat directory baru saprfc, misalnya http://localhost/saprfc.

- Letakan file php_saprfc.dll sebagai modul extension ( C:\\php\ext ) dan tambahkan dlm php.ini (extension=php_saprfc.dll).

- Copy file librfc32.dll dr CD installer SAP GUI ke system C:\\Windows\system32.

- Restart Web Server dan cek phpinfo apa sudah terinstal.

SAPRFC on phpinfo

Instalasi Linux

Pengalaman saya untuk instal di Linux sebagai newbie tidak terlalu sulit juga asal kita mengikut petunjuk instal yg ada serta sedikit pengalaman instal Linux. Spesifikasi Linux yg pernah saya gunakan adalah Centos 4 dan Debian Sarge. Saya menggunakan minimal installer di Linux.
- Instal Apache dan PHP

- Install juga php_devel

- Instal GNU Tools (autoconf, automake, flex, libtool, gcc, m4, make)

- Instal compat-libgcc , compat-libstdc++……

- Kita memerlukan SAPSDK yg dpt diperoleh dr CD SAP yg terletak pada directory Linux/Unix dan dapat di temukan file RFC.SAR dan SAPCAR. SAPCAR adalah aplikasi dekompresi file dari RFC.SAR. Cara melakuka extract dgn mengetik ./SAPCAR -xvf RFC.CAR.

- Letakan hasil extract tadi ke directory /usr/sap/rfcsdk atau alternatif lain dalam /usr/local/rfcsdk atau /opt/rfcsdk tergantung dr instalasi yg dimaui.

- Download saprfc-..tar.gz, lalu di extract

$ gunzip -c saprfc-$VERSION$.tar.gz | tax xf -
$ cd saprfc-$VERSION$
$ phpize
$ ./configure
$ make
$ make install

- Restart Apache dan cek dgn phpinfo

No comments: