Tuesday, May 15, 2007

First intro SAP/R3

SAP ?? SAP R/3 ? Apaan tuh ? software apaan tuh ? Banyak yang bertanya kepada saya seperti itu. Mungkin karena mereka tahu saya bekerja sebagai Basis a.k.a sysadmin SAP.

SAP adalah sistem software ERP (Enterprise Resource Planning) yang didalamnya terintegrasi proses-proses bisnis seperti bagian production, material, warehouse, HR, sales and distribution, finance, etc. SAP dibuat oleh perusahaan Jerman, SAP AG. SAP sendiri merupakan singkatan (dalam bahasa jerman - ) kalo bahasa inggrisnya, Systems, Applications, and Productions in Data Processing.

Salah satu versi SAP yang (kebetulan saya pakai) adalah SAP R/3 Enteprise 4.7 200. SAP bekerja model client server. Mostly, semua proses dilakukan di server. Software bagian client -disebut SAPGUI- bertugas mengatur tampilan ke user.

Tampilan screenshot SAPGUI (1)

Setelah mengetik username dan password, Anda akan menuju menu SAP.

Untuk menjalankan program SAP, Anda bisa menggunakan menu drilldown yang ada. Semua program ada disana kecuali program bikinan Anda sendiri. Bisa juga mengetikkan command - yang di lingkungan SAP disebut Transaction Code a.k.a tcode.

Sistem SAP umumnya diimplementasikan secara per modul. Ada perusahaan yang hanya membeli untuk modul HR (Human Resource). Ada yang membeli modul MM (Material Management), PP (Production Planning), QM (Quality Management), dll. Lisensi berlaku per modul, per user, etc. Yang lain saya kurang tahu.

Oke, saya akan sedikit melihat ke tcode. Berikut screenshot tcode DB02 untuk sistem SAP R/3 yang menggunakan RDBMS Oracle.

Kita juga bisa membuat program sendiri melalui tcode SE38. Tentu saja, username kita harus memiliki namanya access key.

Contoh program buatan sendiri.

Aplikasi SAP sendiri sangat besar dan kompleks. Saya sendiri juga nggak pernah mbayangin, kok ada orang yang bikin aplikasi sekompleks ini..:)

Mungkin sekian dulu perkenalan kita dengan SAP R/3 Ent. 4.7 ext 200. Nanti akan kita sambung lagi dengan tutorial-tutorial lain….saya lagi mau belajar Tivoli Storage Management neeh…

About Penulis
Ardhian - seorang linux geeks yang saat ini bekerja sebagai Basis (Administrator sistem SAP). Saat ini juga memegang sistem HPUX dan sebagai DBA Oracle 9i. Pengelola toko linux online (http://linux-shop.siteburg.com). Penulis merupakan konsultan freelance untuk sistem Linux, migrasi windows ke Linux, network consultant dsb. Penulis bisa dihubungi di devratt@yahoo.com.

4 comments:

Yerianto said...

Toko Linux online-ku, Ardhian Linux Shop, barusan me-release layanan baru. namanya SAP Application Server on Linux. Layanan ini memberikan pilihan kepada perusahaan-perusahaan pengguna SAP R/3 4.7 yang ingin menambah jumlah application server SAPnya namun ingin menghemat lisensi yang harus dibayar jika menggunakan OS komersial seperti HPUX, AIX, atau bahkan Solaris/Sun OS.

Kami memberikan layanan instalasi dan support dengan harga yang sangat-sangat terjangkau. Karena harga dari kami bisa berubah sewaktu-waktu, silakan menghubungi kami untuk layanan lebih lanjut.

Jasa Ardhian Linux Shop sudah terbukti dipakai di beberapa perusahaan. Daftar perusahaan yang menggunakan jasa kami bisa dilihat disini. Kami akan sangat senang bisa membantu perusahaan-perusahaan dalam mendapatkan solusi berbasis Linux yang murah, handal, dan stabil.

Perusahaan pengguna SAP R/3 yang ingin bermigrasi ke Linux di sisi workstation dapat memanfaatkan jasa kami. Kami memiliki layanan bernama Special Migration to Linux for SAPGUI Client. Layanan kami ini sudah dipakai di perusahaan-perusahaan seperti PT Prima Alloy Steel Universal Tbk dan PT Bumi Menara Internusa.

aditya said...

Dear Ardhian,

Apakah ada tempat pelatihan / kursus untuk program SAP, Autocad, etc. Thanks.

aditya said...

Dear Ardhian,

Saya mau tanya, apakah ada tempat pelatihan / kursus untuk belajar SAP di tempat Ardhian Linux Shop. Thanks.
Aditya-adtyv@yahoo.com

Unknown said...

Gain best SAP SD Online Training | Simple Finance Online Training only from Pragna Technologies in Hyderabad, India.