Tuesday, May 15, 2007

Belajar Otodidak dan Gratis Standard Software SAP

Tulisan ini diambil dari sebuah milis mm-ugm, dibuat oleh Ferizal Ramli pada hari kamis , 28 Oct 2004 00:32:05 -0700. Lumayan jadi referensi awal


Belajar Otodidak dan Gratis Standard Software SAP
oleh Ferizal Ramli

Apabila ada diantara rekän tertarik untuk belajar SAP (Systeme Anwendungen und Produkte / Sistem Aplikasi dan Produk) maka mungkin tips ini bermanfaat. Bagi yang tidak tertarik silahkan di-delete aja. Mohon maaf kalau mengganggu.

Untuk pengantar saja, sebagaimana diketahui bersama, saat ini SAP adalah market leader untuk ERP (Enterprise Resources Planning) atau standard software perusahaan, jauh diatas pesaing kuatnya seperti Oracle, Peoplesoft, BAAN, JD Edward maupun Microsoft Business Solution.

· Apabila anda ingin belajar teori SAP secara online maka silahkan search ke: help.sap.com (tanpa ketik www atau http atau lainnya). Informasi disana amat sangat lengkap sekali. Untuk lebih mudah mendapatkan informasi dalam pdf file ini Tips-nya:

Pilih: Additional Information à Print Files à English (atau German).

Kelemahannya, anda cuma bisa belajar teori. Untuk belajar praktek maka diperlukan program IDS Demo System. Sayangnya anda tidak bisa install perorangan karena lisensinya cukup mahal berharga puluhan bahkan ratusan ribu Euro dan ndak bisa di-crack ;). Biasanya kalau ada kampus yang berminat maka ada diskon untuk install itu.

· Apabila anda ingin mendapatkan CD tentang SAP baik CD demo maupun CD berisi informasi tentang SAP maka anda bisa pesan di website SAP secara on line shopping. Pada prinsipnya CD tersebut per keping ada yang berharga sampai 4.000 Euro-an. Tapi saya tahulah, kalau rekan-rekan (seperti juga saya) pasti tidak tertarik mengeluarkan kocek ribuan Euro untuk sekeping CD (lha wong gaji dosen sekaliber Revrisond Baswir aja, versi Koran Kompas hanya 200 Euro thok kok per bulan :D). Setelah saya amati ternyata ada CD yang berharga 0 (nol) Euro. Nah, karena itu anda bisa mensiasati untuk mendapatkan CD tersebut secara gratis. Berdasarkan pengamatan saya terdapat sekitar 40 buah CD dalam B. Inggris yang berharga 0 Euro dan (jika anda bisa B. Jerman) maka terdapat 35 CD gratis serta 5 CD dalam B. Jepang gratis.

Cara pesan on line-nya silahkan lihat petunjuk yang saya lampirkan dalam file pdf.

Kelemahannya: Ternyata ada 3-4 negara yang di-black list dalam pengiriman paket CD SAP tersebut. Sayangnya Indonesia termasuk negara yang di-black list bersama India, Cina dan Malaysia. Mungkin karena di Indonesia pembajakan software-nya juara kali, seperti juga selalu juara dalam setiap kali olimpiade korupsi versi International Transparancy :). Khusus untuk Yogya, konon khabarnya Yogya selangkah terdepan dalam kejahatan internet. “Bangga” juga prestasi Yogyaku lebih tingi dari Heidrabath atau Bombay :D. Akibatnya, kalau anda mau pesen CD tersebut maka terpaksa deh menggunakan alamat terimanya di luar Indonesia.

Tolong sebarkan infomasi ini kepada siapapun yang anda kenal. Siapa tahu berguna sehingga saya kecipratan pahala meskipun secuil. Dan kalau anda sempat sukses jadi konsultan SAP, yang nota bene berdasarkan pengalaman, selalu bergaji ribuan Euro atau ribuan US Dollar maka jangan lupa yah Zakat mumpung bulan puasa...:)

Selamat bahagia buat semua...

Salam,

Dari kesunyian musim gugur lembah Sungai Saar,



Ferizal Ramli
T-Systems
K-26, Finanzdienstleistungen und Banken Abteilung
T-Systems Nova GmbH
Entwicklungszentrum Süd-West
Hausadresse: Neugrabenweg 4, 66123 Saarbrücken
Postanschrift: Postfach 10 08 33, 66008 Saarbrücken
DEUTSCHLAND
Telefon: (06 81) 9 09-21 23
Mobil: (01 79) 70 85 87 7

No comments: